Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Macam Mana Menyiapkan Resep Opor Ayam ala Ibu yang Bikin Ngiler Resep Asik

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Opor Ayam ala Ibu. Ceritanya, saya sedang kangen masakan ibu saya, karena di bulan Ramadan kali ini tidak bisa mudik, hehe. Jadilah minta resep untuk kemudian saya eksekusi di rumah. Opor Ayam a la My Mom.

Opor Ayam ala Ibu Lontong opor ini merupakan salah satu sajian otentik milik usaha ia dan suaminya. Opor ayam buatan ibu memang tiada duanya. Opor ayam pula yang membuat suasana lebaran di keluarga kami semakin kental.

Anda sedang mencari ide resep opor ayam ala ibu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam ala ibu yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ceritanya, saya sedang kangen masakan ibu saya, karena di bulan Ramadan kali ini tidak bisa mudik, hehe. Jadilah minta resep untuk kemudian saya eksekusi di rumah. Opor Ayam a la My Mom.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam ala ibu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam ala ibu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam ala ibu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Opor Ayam ala Ibu menggunakan 16 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor Ayam ala Ibu:

  1. Sediakan 1 kg ayam (disarankan ayam kampung).
  2. Gunakan 1 liter santan encer dan kental.
  3. Ambil Bisa juga diganti santan kotak 200 ml ditambah air 800ml.
  4. Siapkan Bumbu yg dihaluskan:.
  5. Gunakan 8 siung bawang merah.
  6. Ambil 3 siung bawang putih.
  7. Siapkan 2 sdt ketumbar.
  8. Ambil 1 sdt merica.
  9. Sediakan 1/2 sdt terasi.
  10. Siapkan 5 butir kemiri.
  11. Ambil Bumbu aromatik (geprek saja).
  12. Ambil 1 batang sereh.
  13. Ambil 1-2 Cm kayu manis.
  14. Ambil 2 butir cengkeh.
  15. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  16. Gunakan secukupnya Garam, gula, penyedap rasa.

Resep lain : Cara Gampang Menyiapkan Resep Yangyeom chicken (ayam goreng bumbu ala korea) yang Lezat Resep Asik

Dapur pengap oleh aroma yang saling beradu yang berasal dari aroma jahe, lengkuas, daun jeruk, santan dan tentunya aroma daging ayam yang mengeluarkan minyaknya. Justru ia punya tips cerdas memasak opor ayam ala ibu milenial yang praktis, nggak ribet, dan sudah pasti rasanya lezat, yaitu menggunakan bumbu instan. Dalam video IG Live tersebut, terlihat ia menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat opor ayam. Mulai dari ayam, tahu, telur, kentang, air, dan bawang goreng.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam ala Ibu:

  1. Cuci bersih ayam, potong menjadi 12-14 potong. Masukkan ke dlm 1500 ml air dan 2 sdt garam, lalu rebus dengan api kecil sampai empuk dan keluar kaldu bening. Kalau pakai ayam potong/negri, maka ayam dikukus saja dan buang airnya..
  2. Haluskan bumbu yg dihaluskan dengan menggunakan ulegan atau blender..
  3. Panaskan panci/wajan besar, lalu masukkan minyak dan margarin 2 sdm, tumis bumbu halus dgn api kecil, sampai harum..
  4. Masukkan bumbu yg digeprak agar aromanya menyatu..
  5. Masukkan ayam yg sudah direbus / dikukus tadi, dan terakhir masukkan santan..
  6. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa secukupnya, lalu koreksi rasa..
  7. Aduk sesekali sampai ayam empuk, sajikan dengan taburan bawang goreng. Selamat menikmati!.

Opor ayam telah menjadi sebuah menu harian yang sering disajikan di rumah maupun untuk acara perayaan tertentu seperti Lebaran atau perayaan pergantian tahun. Hampir kebanyakan orang ingin mengerti cara membuat opor ayam yang mempunyai rasa yang sangat lezat, namun tidak semua dari mereka berhasil. Suara.com - Ada puluhan sampai ratusan cara membuat opor ayam yang diklaim enak dan lezat. Selain untuk menu Ramadan, sajian Opor Ayam Cepu juga sangat cocok untuk santapan di Hari. Hidungku kembang kempis, aroma ini sangat aku kenal, dia datang setahun sekali saat menjelang lebaran.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam ala ibu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Cara Gampang Menyiapkan Resep Tahu Bulat gurih yang Menggugah Selera Resep Asik
  • Langkah Mudah untuk Membuat Resep Masakan harian...sayur bening bayam yang Bikin Ngiler Resep Asik
  • Bagaimana Menyiapkan Resep Bolu Panggang Jadul yang Enak Banget Resep Asik
  • Cara Gampang Membuat Resep Ayam Ungkep Lengkuas yang Bikin Ngiler Resep Asik
  • Macam Mana Menyiapkan Resep Sayur asem kurang komplit yang Enak Banget Resep Asik