Kembali Ke Halaman Depan / Menu Utama List Resep Lainnya

Cara Mudah Membuat Resep Empal Lombok Abang yang Enak Resep Asik

LEZAT, NIKMAT, MUDAH dan Anti GAGAL.

Empal Lombok Abang. Masih special #SemuaTentangIbu , kalo lagi kumpul di rumah, mama suka masakin Empal, ada yg cuma di goreng aja, ada juga Empal yg di cabein. Sekarang aku mau nyoba masak #DagingOlahanIbu Empal Lombok Abang, yg biasa suka mama masakin. Semoga rasanya sama ky bikinan mama.

Empal Lombok Abang Nasi Merah (sego abang) Sayur Lombok Ijo Sayur Daun Pepaya Trancam Lauk (Ayam Kampung, Daging Empal, Tahu tempe bacem) Teh Poci. Nama ini diambil dari menu utama yang yang menjadi ciri khas dari rumah makan ini. Jakarta - Sajian ndeso Gunung Kidul yang tandus ini mampu mengobati rindu.

Lagi mencari ide resep empal lombok abang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal empal lombok abang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empal lombok abang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan empal lombok abang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Masih special #SemuaTentangIbu , kalo lagi kumpul di rumah, mama suka masakin Empal, ada yg cuma di goreng aja, ada juga Empal yg di cabein. Sekarang aku mau nyoba masak #DagingOlahanIbu Empal Lombok Abang, yg biasa suka mama masakin. Semoga rasanya sama ky bikinan mama.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat empal lombok abang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Empal Lombok Abang memakai 22 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Empal Lombok Abang:

  1. Sediakan 500 gr Daging Sapi.
  2. Siapkan Bumbu halus utk rebusan daging :.
  3. Sediakan 6 bh Bawang Merah.
  4. Siapkan 4 bh Bawang Putih.
  5. Ambil 1 sdt Ketumbar.
  6. Sediakan 3 bh kemiri.
  7. Ambil sedikit Asam jawa.
  8. Ambil secukupnya Garam.
  9. Ambil secukupnya Gula.
  10. Siapkan Kaldu bubuk.
  11. Siapkan Bumbu Halus utk Sambal ;.
  12. Siapkan 150 gr Cabe merah Keriting.
  13. Ambil 25 bh Cabe rawit setan.
  14. Gunakan 10 bh Bawang merah.
  15. Gunakan 6 siung Bawang Putih.
  16. Ambil 1 ruas Jahe.
  17. Ambil 2 lbr Daun jeruk.
  18. Sediakan secukupnya Garam.
  19. Siapkan secukupnya Gula pasir.
  20. Siapkan Kaldu bubuk.
  21. Gunakan 1 bh jeruk nipis diambil airnya.
  22. Ambil Minyak goreng.

Resep lain : Macam Mana Membuat Resep Empal goreng gurih yang Enak Banget Resep Asik

Kalo mudik ke Jogja agak lamaan, biasanya keluarga besarnya mas Im suka ngajak makan di warung mbah nJirak yang beken dengan menu-menu ndeso seperti sayur godong kates, empal bacem, sega abang, dan jangan lombok ijo yang ngangeni pedesnya, eh gak lupa dengan teh poci gula batunya. Warung mbah nJirak emang ada di desa, di daerah… Nama yang tertulis di spanduk warung ini aslinya Warung Lombok Ijo Sego Abang Khas Gunung Kidul Mbah Widji, karena lokasinya berada di Jl. Pakem - Turi, Dusun Mangunan, Harjobinangun, Pakem maka sering disebut juga warung Sego Abang Lombok Ijo Pakem. Berikut rute Sego Abang Lombok Ijo Mbah Widji: Dari Malioboro bergeraklah ke arah Tugu Jogja.

Langkah-langkah menyiapkan Empal Lombok Abang:

  1. Cuci bersih daging dan potong2 dgn ketebalan sedang.
  2. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bumbu rebusan dan daging, rebus hingga matang. Setelah itu pipihkan.
  3. Siapkan bumbu sambelnya.
  4. Ulek kasar bumbu sambelnya.
  5. Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bumbu sambel dan daun jeruk.
  6. Setelah bumbu harum tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata supaya tercampur.
  7. Tumis sampai bumbu sambal matang dan berminyak, jangan lupa tes rasa. Sebelum kompor dimatikkan beri air perasan jeruk nipis.
  8. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng daging.
  9. Goreng daging sampai kecoklatan, lakukan sampai daging habis.
  10. Tata Empal Goreng diatas piring saji, kemudian tambahkan sambal Lombok Abang diatas permukaan Empal. Empal Lombok Abang Siap dihidangkan.

Dari Tugu Jogja bergeraklah ke arah utara hingga perempatan lampu merah di Jl. Cirinya, sobat akan melihat bangunan seperti tumpeng di barat laut perempatan, yaw bangunan tersebut adalah Monumen Yogya Kembali (Monjali). Ulasan Singkat Sego Abang Lombok Ijo Pakem Mbah Widji. Berawal dari cita-cita pak Tugiran menjelang masa pensiun untuk membuka usaha sendiri maka timbulah ide untuk mendirikan rumah makan dengan mengambil bahan-bahan alami dari pedesaan yang ditujukan untuk kesehatan dan nasi merah ini mempunyai manfaat yang tinggi bagi yang mempunyai gula darah tinggi. Setelah mendidih, masukkan cabe ijo, masak sebentar dan angkat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat empal lombok abang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!


Resep lainnya :

  • Cara Sederhana Membuat Resep Ayam goreng kremes yang Bisa Manjain Lidah Resep Asik
  • Macam Mana Membuat Resep Ayam Kecap Palembang yang Bikin Ngiler Resep Asik
  • Macam Mana Menyiapkan Resep Semur Daging Sapi yang Bisa Manjain Lidah Resep Asik
  • Cara Gampang Membuat Resep Opor Ayam Special Lebaran yang Enak Resep Asik
  • Cara Sederhana Membuat Resep Mie Goreng Selera yang Lezat Resep Asik